Lifetrick.id – Google Workspace adalah alat komunikasi, kolaborasi, dan produktivitas lengkap untuk bisnis. Inilah cara Anda dapat menggunakannya sebagai pemasar digital.
Menjadi pemasar digital, Anda akan senang mengetahui bahwa hanya beberapa aplikasi Google Workspace gratis yang Anda butuhkan untuk jaringan dan promosi yang sukses.
Anda sebagian besar akan menemukan bahwa alat dan layanan pemasaran digital mahal untuk kampanye promosi. Jika Anda sedang menjajaki pilihan karir di bidang ini atau ingin memberikan solusi yang terjangkau untuk klien lepas Anda, Anda hanya memerlukan beberapa aplikasi Google.
Anda bahkan dapat menjalankan kampanye promosi online yang efektif secara gratis. Berikut cara memulai pemasaran digital dengan aplikasi Google yang sudah dikenal.
1. Promosikan Merek Anda melalui Email
Aplikasi Gmail dari Google Workspace adalah alat yang ideal untuk membangun merek tanpa biaya atau biaya rendah. Untuk memulainya, Anda perlu memformat email Anda sedemikian rupa sehingga terlihat profesional dan dapat dipercaya.
Perjalanan membangun kepercayaan Anda melalui Gmail dimulai dengan menambahkan subjek email yang jelas dan bermakna yang akan menjelaskan perspektif email dalam 10 kata. Pilih kata-kata untuk subjek email dengan hati-hati, dan hanya sertakan yang paling relevan dan berguna.
Selain itu, email Anda harus menampilkan logo, foto Anda, alamat email alternatif, profil media sosial, alamat bisnis, situs web, dan nomor kontak untuk komunikasi terkait pekerjaan. Anda dapat memasukkan ini di bagian tanda tangan email Anda.
2. Rencanakan Kampanye Pemasaran Digital yang Efektif
Aplikasi Google seperti Kalender, Drive, dan Sites adalah alat yang sempurna untuk pengelolaan kampanye pemasaran digital yang nyaman, mudah, dan efisien. Anda dapat membuat folder bersama Google Drive untuk brosur, posting media sosial, infografis, dan video Instagram.
Berikan akses yang diperlukan kepada anggota tim Anda seperti mengedit, melihat, atau berkomentar sehingga sumber daya yang bertanggung jawab dapat mengakses konten sesuai peran mereka dalam proyek.
Anda dapat merencanakan posting media sosial di aplikasi Kalender dan menyinkronkannya dengan anggota tim untuk menerbitkan konten.
Karena kampanye promosi media sosial sebagian besar berisi konten singkat, Anda perlu membuat halaman Google Sites untuk mengarahkan audiens Anda ke papan kampanye terperinci. Di sini, Anda dapat menguraikan dorongan promosi menggunakan video, blog, dan gambar YouTube.
Karena Sites adalah platform yang responsif, audiens Anda akan selalu mengalami sesi penjelajahan yang menyenangkan terlepas dari perangkat mereka.
3. Jalankan Pemasaran Email DIY secara Gratis
plikasi Gmail terintegrasi dengan mudah dengan platform pemasaran email lanjutan seperti Mailchimp, Sendinblue, Omnisend, dll. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan Gmail untuk buletin atau distribusi email pemasaran untuk menyimpan semua data dalam satu alat dan menghindari bertukar melalui aplikasi yang berbeda.
Atau, kunjungi Google Workspace Marketplace untuk memasang aplikasi berguna yang mengotomatiskan tugas pemasaran email seperti email massal, analitik email, pelacakan email, dan sebagainya. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menjadi pemasar digital Anda sendiri tanpa kurva belajar apa pun.
4. Menonjol Dengan Situs Web Berperingkat Tinggi
Google menawarkan berbagai alat pemasaran digital untuk pengoptimalan konten situs web. Oleh karena itu, sebagai pemasar digital, Anda dapat menawarkan layanan pengoptimalan konten profesional kepada klien Anda tanpa berinvestasi pada alat berbayar.
Sebaliknya, Anda dapat menonjol dari keramaian dan menjangkau audiens target dengan investasi minimal atau tanpa investasi jika Anda mengelola situs web Anda sendiri. Berikut ini adalah daftar beberapa alat dan penggunaan utamanya:
- Alat Lighthouse memungkinkan Anda mengaudit URL situs web apa pun untuk kinerja, SEO, aksesibilitas, dan praktik terbaik.
- Alat Temukan Pemirsa Saya memungkinkan Anda menemukan ribuan pemirsa global untuk saluran YouTube Anda dan akhirnya untuk situs web terkait.
- Uji Situs Saya menguji situs web ramah seluler Anda untuk kinerja dalam koneksi 4G, kesehatan situs web, dan menawarkan rekomendasi pengoptimalan.
5. Tingkatkan Jangkauan ke Pemirsa Lokal
Gunakan Google Sites dan Google Bisnisku secara strategis untuk meningkatkan jangkauan situs web ke komunitas lokal secara gratis. Mulailah dengan situs web Google Sites yang akan berisi konten terkait seperti entri blog, video promosi, produk, layanan, slide promosi, dll.
Anda dapat dengan mudah mengimpor konten dari YouTube, Google Dokumen, Slide, dan Spreadsheet ke dalam Situs tanpa banyak usaha. Sekarang buat situs web Anda dapat dijangkau publik dengan menautkannya ke Google Penelusuran melalui Google Bisnisku.
Google Bisnisku memungkinkan Anda untuk menambahkan nomor kontak, lokasi di Google Maps, dan ulasan publik sehingga situs web Anda muncul dengan mudah saat audiens target Anda menelusuri produk atau layanan terkait.
6. Tampilan Layanan dan Prestasinya
Saatnya untuk memamerkan produk, layanan, pencapaian, dan pengembangan Anda di masa mendatang dengan mudah menggunakan alat sederhana dari Google Workspace. Buat halaman Situs dengan bagian khusus untuk layanan yang Anda tawarkan, bagaimana kinerjanya untuk klien Anda sebelumnya, dan seterusnya.
Sekarang, buat tayangan slide produk/layanan di Slide menggunakan gambar, video, dan konten tertulis asli. Kemudian unggah ini di halaman Situs melalui tautan sederhana. Anda dapat selangkah lebih maju dan membuat video otentik juga.
Untuk kinerja dan analitik, Anda dapat membuat visualisasi di Spreadsheet dan menautkannya ke situs web Sites tempat Anda ingin menampilkan data. Anda juga dapat melakukan pengoptimalan pemasaran semacam itu untuk klien Anda jika Anda sedang mengerjakan proyek pemasaran digital.
7. Sematkan Iklan DIY
Karena Google Sites memungkinkan Anda mengimpor hampir semua konten dari Google Workspace, ini adalah platform yang ideal untuk iklan promosi. Baik Anda seorang pemasar digital atau pemilik situs web, Anda dapat menghemat uang dengan memanfaatkan kreativitas Anda untuk mengembangkan iklan DIY.
Manfaatkan fitur korsel Gambar Situs untuk menampilkan penjualan kilat, promosi, dan penawaran khusus melalui konten grafis. Anda juga dapat menambahkan tombol ajakan bertindak seperti Pesan Layanan, Beli Produk, Berlangganan Buletin Email, dan sebagainya.
Anda mungkin juga ingin membuat video produk dan layanan Anda untuk diunggah ke laman Situs Anda untuk meningkatkan minat pemirsa pada penawaran Anda.
8. Kumpulkan Umpan Balik/Pertanyaan Dari Pengguna
Pertanyaan dan umpan balik klien yang dipersonalisasi sama pentingnya untuk pengoptimalan dan analitik situs web. Anda bisa mendapatkan data yang dipesan lebih dahulu tentang harapan pelanggan dengan menambahkan umpan balik atau formulir pertanyaan layanan di Google Sites Anda.
Google Formulir akan secara otomatis menyimpan tanggapan pengguna dalam file Google Spreadsheet khusus. Anda dapat mengizinkan pengguna mengirimkan formulir hingga tiga bulan dan kemudian menganalisis data untuk menemukan pola. Kemudian, terapkan harapan pengguna tersebut untuk meningkatkan otoritas situs web dan merek Anda.
Untuk pertanyaan layanan atau produk, periksa spreadsheet masing-masing secara teratur sehingga Anda dapat menghubungi pengguna lebih cepat daripada nanti.
Akhir Kata
Dengan mengikuti metode pendekatan pemasaran digital yang disebutkan di atas dengan memanfaatkan aplikasi Google yang sebagian besar gratis, Anda dapat memulai dengan cepat sebagai pemasar online solo.
Terima kasih sudah mengunjungi blog saya, pantau terus situs Lifetrick.id untuk mendapatkan artikel terbaru dan menarik lainnya.