lifetrick.id – 5 Keunggulan Bus Double Decker. Model bus di Indonesia terus berkembang. Jika sebelumnya hanya tersedia bus standar, kini ada banyak bus menarik lainnya, salah satunya adalah bus tingkat atau double decker.
Bus tingkat sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Pada masa orde lama dan orde baru bus tingkat sudah beroperasi di kota-kota besar di Indonesia khususnya di Jakarta. Namun sejak akhir 90-an, keberadaannya memudar.
Baru belakangan ini bus tingkat kembali bermunculan, tentunya dengan desain yang jauh lebih modern. Dan saat ini bus tingkat telah menempuh jalur panjang Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).
Bus tingkat sendiri berhasil bangkit karena memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan bus standar. Jadi apa itu? Berikut 5 keunggulan bus double decker yang dilansir dari berbagai sumber:
1. Kapasitas penumpang besar
Kapasitas penumpang bus tingkat sangat besar, bahkan jika dibandingkan dengan bus UHD. Jika menggunakan konfigurasi kursi 3-2 di dek atas dan bawah, dapat memuat hingga 70 orang lebih.
Sedangkan jika menggunakan konfigurasi 2-2, bisa mengangkut hingga 50 penumpang. Bus double decker cocok dijadikan bus AKAP karena dalam sekali angkut bisa memuat banyak tentunya hal ini juga memberikan keuntungan bagi bus PO.
2. Menawarkan banyak kelas
Dengan ukurannya yang besar dan memiliki dua tingkat, bus tingkat dapat dibuat menjadi dua kelas yang berbeda. Misalnya, kelas yang dapat dieksekusi di dek atas dan kelas yang lebih mewah di bawahnya.
Jika ingin kelas lebih banyak, PO bus bisa merombaknya. Dek atas atau bawah dapat dibagi lagi menjadi dua kelas yang berbeda. Setidaknya bus tingkat bisa diisi tiga kelas.
3. Sangat Nyaman
Dibandingkan bus biasa, bus tingkat lebih nyaman karena sasis yang digunakan adalah sasis premium kelas atas dengan 3 as dan suspensi udara penuh yang dapat diatur komposisinya.
Kenyamanan akan terasa di dek bawah sedangkan dek atas sedikit goyah. Ini juga alasan mengapa kelas yang lebih tinggi ditempatkan di dek bawah.
4. Efisiensi
Bus tingkat memiliki efisiensi lebih dari bus standar, dihitung dengan biaya per orang untuk menempuh satu kilometer. Konsumsi bahan bakarnya hanya sedikit berbeda dengan bus triple axle SHD atau UHD.
Namun, kapasitas penumpangnya cukup jauh berbeda. Hal ini membuat efisiensi meningkat. Sebab, biaya per orang untuk menempuh satu kilometer paling rendah dibandingkan bus lain, bahkan bus ekonomi.
5. Desain mewah
Bus tingkat saat ini hadir dengan desain yang modern dan berkelas. Hal ini berlaku baik pada eksterior maupun interior. Pada bagian eksterior, bus tingkat ini akan terlihat futuristik karena merupakan bus baru.
Di sisi interior tentunya juga bisa memuat lebih banyak fasilitas, mulai dari toilet hingga mini daours, mengingat bus tingkat memiliki badan yang lebih besar dari bus standar.