9 Ide Cemilan yang Tidak Bikin Gemuk

9 Ide Cemilan yang Tidak Bikin Gemuk

lifetrick.id – 9 Ide Cemilan yang Tidak Bikin Gemuk. Saat berdiet, banyak orang menghindari makan camilan di antara waktu makan. Meski ada beberapa camilan yang aman dikonsumsi saat diet, namun ternyata bisa memberikan energi ekstra untuk melakukan aktivitas tanpa memengaruhi berat badan.

9 Ide Cemilan yang Tidak Bikin Gemuk

Cemilan bisa jadi penangkal lapar sebelum makan utama atau sebelum tidur. Namun hati-hati, jika kamu tidak bijak dalam memilih jenis dan kandungannya, jajanan bisa menjadi bumerang dan menggagalkan diet kamu.

Ide Cemilan Sehat yang Praktis dan Mudah Dibuat
Untuk menyiasatinya, pilih dan siapkan camilan kamu sendiri. Selain tidak menggemukkan, jajanan berikut ini bisa menjadi sumber nutrisi bagi tubuh.

1. Kacang

Berbagai jenis kacang-kacangan, seperti almond, kacang tanah, dan kacang mete, kaya akan protein dan serat, serta bisa menjadi camilan yang mudah dibawa kemana-mana.

Edamame dan kedelai muda juga bisa menjadi pilihan yang baik. Satu cangkir edamame mengandung 17 gram protein dan 180 kalori, serta zat besi, magnesium, dan folat.

2. puding chia

Chia kaya akan serat dan antioksidan yang baik untuk pencernaan dan kesehatan jantung. Untuk mengolahnya menjadi puding, kamu cukup merendam biji chia semalaman dalam susu rendah lemak, susu almond, atau susu kedelai.

3. Popcorn buatan sendiri

Pilih popcorn mentah atau popcorn yang berlabel rendah lemak dan tanpa rasa. Microwave popcorn dengan minyak tanpa menambahkan bahan apa pun, seperti karamel atau mentega.

Jika suka pedas, bisa ditambahkan sedikit bubuk cabai. Ketahuilah bahwa popcorn tanpa tambahan mentega atau gula tinggi serat yang sangat bermanfaat untuk pencernaan.

4. Sereal

Sereal, terutama biji-bijian, bisa menjadi pilihan camilan sehat. Kaya akan serat yang dapat membuat kamu kenyang lebih lama.

5. Yoghurt dan buah

Pilih yogurt tanpa rasa dan konsumsi dengan potongan buah. Camilan ini bisa menjadi sumber kalsium yang lezat dan kaya. kamu juga bisa mencampurkan bahan-bahan sehat lainnya, seperti biji bunga matahari atau biji rami.

6. Sayuran

Tidak hanya sebagai makanan utama, sayur juga bisa menjadi camilan. Semangkuk salad atau sepiring kecil gado-gado bebas nasi bisa menjadi camilan yang kaya.

7. Apel dengan selai kacang

Jika kamu tidak terlalu suka makan irisan apel tanpa campuran apa pun, coba oleskan selai kacang pada irisan apel kamu. Namun, ingatlah untuk membatasi konsumsi selai kacang karena kandungan kalorinya yang tinggi.

8. Smoothie

Smoothie buah dapat dikategorikan sebagai minuman sekaligus makanan ringan, karena teksturnya lebih kental dibandingkan jus dan minuman lainnya.

kamu bisa membuat smoothie yang berbahan dasar pisang atau alpukat. Blender pisang matang dengan es, serta susu rendah lemak atau yogurt.

9. Telur Rebus

Telur rebus bisa menjadi camilan praktis yang kamu santap saat lapar menyerang. Kandungan protein yang tinggi dalam telur dapat mengekang nafsu makan kamu, sehingga kamu tidak tergoda untuk mengonsumsi makanan ringan yang tidak sehat.

Selain itu, telur juga rendah kalori dan mengandung nutrisi, seperti vitamin D dan vitamin B12.

Leave a Reply

Your email address will not be published.