Cara Mengatasi OCD, Pahami Strategi Sederhana agar OCD Tidak Mudah Kambuh

lifetrick.id – Cara Mengatasi OCD, Pahami Strategi Sederhana agar OCD Tidak Mudah Kambuh. Cara menanggulangi OCD tidaklah sulit, yang dibutuhkan adalah kesabaran untuk menekuni proses pengobatannya. Cara menanggulangi OCD umumnya melibatkan mengkonsumsi obat-obatan dan juga psikoterapi, bersama penyedia layanan kesegaran yang profesional.

Tapi tak sekedar tersebut, terdapat cara menangani OCD lain yang mampu ditunaikan untuk mempercepat dan mempermudah proses pengobatan Ocd. Pengobatan OCD bersama dengan cara medis dan self-help jadi pilihan yang terlampau menopang penderita OCD untuk menangani gejala yang muncul.

Seseorang bersama dengan OCD umumnya punyai pemikiran obsesif, yang disertai bersama dengan kecemasan hiperbola. Oleh dikarenakan tersebut OCD yang dibiarkan mampu membawa dampak penderitanya jadi kewalahan dan apalagi mengganggu kehidupannya sehari-hari.

OCD Adalah

ocd Adalah

Gangguan obsesif-kompulsif atau OCD adalah penyakit psikologis yang menyebabkan penderitanya miliki pemikiran obsesif bersama dengan kecemasan yang hiperbola. Terbilang kerap dialami oleh berlimpah orang, menurut Who, OCD setidaknya merubah 1 berasal dari 40 orang dewasa dan 1 berasal dari 100 anak.

OCD mampu muncul di dalam beraneka bentuk, yang terdiri berasal dari kompulsi dan obsesi. Obsesi adalah pikiran, citra atau impuls yang berulang-kembali, biasanya tersedia perasaan tanggal kendali pas pikiran obsesif hadir. Obsesi bisa mengakibatkan mereka yang mengalaminya merasa takut, jijik atau gelisah.

Obsesi OCD juga sanggup memanifestasikan dirinya didalam bentuk pikiran mengganggu yang mampu membawa dampak kecemasan parah atau agresi panik. Kompulsi digunakan untuk “Memperbaiki” atau “Memperbaiki” pikiran atau perasaan yang ditimbulkan oleh obsesi seseorang.

Gejala OCD

Hanyalah dikarenakan kamu miliki pikiran obsesif atau melaksanakan konduite kompulsif bukan penting kamu punyai gangguan obsesif-kompulsif. Bersama dengan Ocd, pikiran dan konduite ini membuat tekanan yang luar biasa, menghabiskan tak terhitung saat dan mengganggu kehidupan dan interaksi sehari-hari kamu.

Kebanyakan orang bersama gangguan obsesif-kompulsif atau OCD miliki obsesi dan kompulsi, tapi lebih dari satu orang cuman mengalami keliru satunya.

Pikiran obsesif generik di dalam OCD meliputi:

– Takut terkontaminasi kuman atau kotoran atau mencemari orang lain.
– Takut kehilangan kendali dan merugikan diri sendiri atau orang lain.
– Pikiran dan gambar yang eksplisit secara seksual atau kekerasan.
– Fokus hiperbola terhadap ide-ide agama atau moral.
– Takut kehilangan atau bukan mempunyai barang yang bisa saja kamu butuhkan.
– Keteraturan dan simetri, gagasan bahwa segala sesuatu wajib berbaris “Tepat”.
– Takhayul; perhatian yang hiperbola pada sesuatu yang diakui mujur atau sial.

Sedangkan konduite kompulsif generik didalam OCD meliputi:

– Pengecekan ganda yang hiperbola pada barang-barang, layaknya kunci dan sakelar.
– Berulang kali memeriksa orang yang dicintai untuk memastikan mereka kondusif.
– Menghabiskan berlimpah pas untuk mencuci atau membersihkan.
– Memesan atau mengatur hal-hal secara berulang
– Berdoa hiperbola atau jalankan ritual yang dipicu oleh ketakutan agama.
– Menumpuk sampah atau barang layaknya koran bekas atau wadah makanan kosong.
– Menghitung, mengetuk, mengulangi kata-kata eksklusif atau laksanakan hal-hal bukan masuk akal lainnya untuk kurangi kecemasan.

Cara Menangani Ocd

Cara Mengatasi OCD, Pahami Strategi Sederhana agar OCD Tidak Mudah Kambuh

1. Berlatih mindfulness untuk mengelola stres

Dua karakteristik primer OCD adalah kecemasan yang tinggi dan adanya pikiran yang mengganggu . Kamu mampu kurangi kedua gejala itu bersama dengan melatih kewaspadaan. Perhatian penuh adalah kemampuan untuk hadir sepenuhnya terhadap selagi ini, terima pengalaman kamu tanpa evaluasi atau keperluan untuk menghindarinya.

Kamu mampu melatih perhatian kapan saja dan di mana saja. Yang kudu kamu laksanakan adalah mencermati dan mengamati pikiran dan perasaan kamu. Akui bahwa mereka tersedia dan akan berlalu, layaknya mobil yang melaju di jalan di luar dan bahwa kamu bukan wajib bertindak berdasarkan perasaan kamu supaya mereka pergi bersama sendirinya.

2. Berolahraga yang tak terhitung

Olahraga adalah cara yang efektif untuk melawan stres dan kecemasan Ocd. Ini mendukung untuk memfokuskan ulang pikiran kamu ketika pikiran dan kompulsi yang mengganggu muncul.
Para pakar merekomendasikan latihan aerobik selama 30 menit per hari, namun bukan wajib sekaligus. Faktanya, tiga sesi latihan mindful selama 10 menit jauh lebih baik daripada satu sesi jogging atau bersepeda selama 30 menit.

3. Tidur nyenyak dan memadai

Layaknya olahraga, tidur adalah penangkal kecemasan. Sayangnya, tidur yang nyenyak mampu sulit dipahami oleh penderita Ocd, yang punyai taraf tidak bisa tidur lebih tinggi daripada populasi generik. Ikuti rutinitas pas tidur untuk memberi mengetahui tubuh kamu bahwa udah waktunya tidur.

Pikiran yang mengganggu bisa memicu kamu terjaga sampai larut malam, merampas selagi tidur kamu yang berharga yang kamu butuhkan untuk melawan pas-sementara cemas keesokan harinya. Untungnya, tersedia sebagian hal yang bisa kamu melaksanakan untuk menangani gejala OCD dan memperoleh tidur yang lebih baik.

Cara Menangani Ocd

4. Hindari nikotin dan alkohol

Pas kamu menderita Ocd, terutama kala kamu baru studi mengelolanya, pengobatan sendiri dapat amat menggoda. Segudang orang beralih ke alkohol dan nikotin, yang menurut mereka bsia menenangkan, tetapi justru memperburuk gejala Ocd.

Alkohol terasa layaknya membawa dampak kamu rileks terhadap awalnya, tapi sejalan bersama dengan berkurangnya alkohol, taraf kecemasan kamu meningkat. Nikotin adalah stimulan semenjak awal dan akan memperburuk gejala OCD kamu.

5. Jangkau keluarga dan teman

Gejala OCD kadang-kadang sanggup begitu kuat agar mengambil alih kehidupan kamu sehari-hari dan sebabkan kamu terisolasi berasal dari keluarga dan teman. Isolasi sanggup memperburuk gejala Ocd, menjadi pastikan kamu memprioritaskan saat bersama orang yang kamu sayangi.

Membicarakan pengalaman OCD Kamu bersama teman-teman yang membantu bisa menunjang proses penyembuhan. Tapi berhati-hatilah untuk bukan meminta kepastian berulang kali.

Melacak pembenaran yang hiperbola adalah pola generik terhadap orang bersama dengan Ocd, dan walaupun tampaknya bukan berbahaya terhadap awalnya, hal tersebut mampu menghalangi kemampuan kamu untuk mengelola gejala OCD kamu secara berdikari.

6. Temukan terapis ERP

OCD adalah lingkaran setan.ocd membajak otak kamu dan meyakinkan kamu bahwa kamu semata-mata sanggup mengatasi pikiran mengganggu bersama jalankan ritual kompulsif. Terapi paparan dan pencegahan respons (Erp) menolong kamu studi sebaliknya, itulah sebabnya ini merupakan pengobatan lini pertama untuk penderita Ocd.

Di dalam terapi Erp, Kamu menjelajahi obsesi, penghindaran dan kompulsi kamu bersama terapis dan menetapkan tujuan untuk apa yang mendambakan kamu laksanakan terlepas berasal dari gejala OCD kamu.

Kamu dan terapis kamu lantas merancang latihan pemaparan untuk menolong kamu menghadapi ketakutan kamu, dimulai berasal dari yang paling bukan menyusahkan.

Kamu juga akan berlatih menanggulangi suasana menakutkan tanpa beralih ke penghindaran atau ritual kompulsif. Terhadap waktunya, kecemasan kamu berkurang dan kamu studi bagaimana merespons pemicu bersama sehat alih-alih membiarkan OCD mengambil alih pikiran kamu.